You are here: Home > Uncategorized > MADU, BAHAN BAKAR TERBAIK UNTUK OLAHRAGA

MADU, BAHAN BAKAR TERBAIK UNTUK OLAHRAGA

MADU BAHAN BAKAR TERBAIK UNTUK OLAHRAGASumber Energi Alami 2

  1. Bahan bakar utama untuk olahraga adalah glucose. Lemak hanya sedikit diperlukan, sedangkan protein digunakan sebagai bahan bakar darurat, ketika cadangan glucose (glycogen) menipis.
  2. Pemberian bahan bakar yang optimal pada otot & hati akan mengurangi produksi hormone stress adrenal & melindungi pemecahan protein otot.
  3. Cadangan energy terpenting untuk olahraga & pemulihan adalah glucose yang tersimpan sebagai glycogen hati.

Glycogen hati adalah cadangan bahan bakar utama untuk berbagai organ & satu – satunya sumber bahan bakar bagi otak. Banyak atlit & pelatih yang, tidak menyadari dengan baik akan peran hati saat olahraga. Tidak memberi bahan bakar dengan baik untuk hati. Dalam jangka panjang, ini adalah ancaman bagi kesehatan atlit.

Paula Radcliffe, atlit marathon dunia, mengalami koma sewaktu Athens Olympic Marathon. Kemungkinan terbesar, penyebabnya adalah penurunan glycogen hati jauh dibawah tingkat normal. Dalam keadaan seperti ini, untuk memperoleh glucose, protein otot akan dipecah. Tapi rupanya tidak tersintesa cukup cepat untuk memperoleh glucose sehingga pasokan bahan bakar ke otak terganggu.

Kehabisan glycogen hati adalah ancaman bagi kehidupan karena akan berdampak langsung bagi fungsi otak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply