You are here: Home > Uncategorized > TERAPI MADU PENGOBATAN LUKA

TERAPI MADU PENGOBATAN LUKA

Terapi Madu Pengobatan Luka

captureDi RS Anak Universitas Bonn, Jerman, dokter menggunakan terapi madu terhadap 50 anak penderita kanker yang kemampuan penyembuhan melemah akibat kemoterapi. Anak – anak yang lukanya diterapi madu lebih cepat sembuh dari pada mereka yang diberi obat bisa berupa yodium, antibiotik dan salep. Meskipun ada 2 % pasien terapi madu yang merasa sakit, walaupun madu tidak seperti yodium yang bermanfaat untukĀ  mencegah pembekakan kelenjar gondok menguntungkan dari segi biaya.

Menurut Ir. Rosita, madu mempercepat pertumbuhan jaringan baru dan mempertahankan nilai estetika kulit. Madu cukup aman untuk perawatan luka pada bayi. Ini terbukti pada suatu penelitian terhadap 9 bayi dengan luka operasi bernanah dan infeksi. Luka tersebut gagal menutup setelah 14 hari. Setelah dibalut dengan olesan madu, bekas sayatan tampak merapat dalam 5 hari luka pun menjadi bersih dan steril setelah 21 hari.

dr. Adji Suranto berpendapat bahwa madu dapat mengurangi peradangan yang ditandai denga berkurangnya nyeri, bengkak dan luka yang mengering. Salah satu penyebabnya karena madu memiliki osmolaritas yang tinggi hingga menyerap air dengan memperbaiki sirkulasi serta pergantian udara di area luka. Selain itu, madu memilki efek membersihkan. Hal ini dikarenakan madu tidak bersifat lengket pada luka dan jaringan mati turut terangkat hingga luka menjadi bersih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply